The Star was Re-Born

Mendidik Anak Hafal Quran [Ternyata] Mudah

on February 6, 2013

Image

Sewaktu di Taiwan, saya sering berinteraksi dengan sebuah keluarga yang semangat menghafal Al Qurannya…. MasyaAllah… super-duper dah!

Kalau jalan dengan Xiao Mimi, yang waktu itu berusia 3 tahun plus-plus rasanya gemeeessss banget. Anaknya pintar, kritis dan hafalan doa dan surat pendeknya itu loooh…. Saya jadi berpikir-pikir… caranya gimana ya mendidik anak agar bisa seperti itu? Kakaknya pun punya semangat menghafal Quran yang super-duper menggebu-gebu. Ketika saya tanya Ibunya, sang ibu menjawab, “Nanti klo dah punya diajarkan.”. Jiaaaah… masih lama donk >_<”. Atau maksudnya… agar SEGERA gitu ya! hohohoho :P

Nah… sekembalinya ke Indonesia, hampir sebulan lamanya saya tinggal dengan kakak sepupu yang anaknya berusia 1 tahun plus-plus (waktu awal saya datang). Berhubung dulu saya masih pengangguran, setiap hari saya FULL ada dirumah dan kebagian tugas menjaga si kecil. Setiap hari saya menemani dia nonton upin-ipin, shaun the sheep, barney dan beraneka lagu anak-anak kesukaannya. Awalnya sempat mau saya “racuni” dengan film-film Islami, tapi dia nggak mau >_<, karena sudah ‘akrab’ dengan film-film dan lagu tersebut. Tapi sekali-kali saya lihatkan video Xiao Mimi yang sedang membaca doa mau makan.

Waktu berlalu dan tak terasa lewat setengah setahun lamanya, saya pun sudah berpisah dengan ponakan cilik saya tersebut, walau sesekali tetap nyamperin. AND YOU KNOW WHAT? (nulis gede sangking excitednya :P). SEMUA LAGU YANG SERING DIDENGARKANNYA SUDAH HAFAL DI LUAR KEPALA OLEH SI ADIK KECIL!! SEMUA…. dan dia dikit-dikit juga bisa baca doa mau makan, efek keseringan nonton video Xiao Mimi.

Bahkan… ponakan saya sudah bisa lagunya Noah! Yang saya aja enggak hapal (lagian nggak perlukan menghafal lagu NOAH?). Gara-garanya, setiap akan tidur si Kakak muter tu lagu keras-keras, jadilah dia hafal dengan sendirinya!! Phew…

So kesimpulannya… ternyata MUDAH ya mencetak anak yang hafal Al Quran (bukan menganggap remeh loh ya). Tapi maksud saya…. itu semua ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan. Tinggal bagaimana orangtuanya saja, membiasakan si anak untuk terbiasa dan akrab dengan Al Quran.

Dari kecil… bacakanlan bacaan Al Quran… Perdengarkan… Al Quran… ciptakan lingkungan pecinta Al Quran, otomatis… anak-anaknya pun akan terbentuk dengan sendirinya.

Ini terlepas dari pengaruh luar ya. Karena saya amati, si ponakan saya juga suka pulang bawa oleh-oleh kata “aneh” sepulangnya dari bermain diluaran. Disini lagi, fungsi orang tua dituntut untuk bisa memfilter plus membersihkan pengaruh-pengaruh buruk tersebut. Bisa juga… seperti yang diterapkan Ibu Wiwi (Wirianingsih), yang 10 anaknya hafiz semua *wuih*. Beliau berinisiatif untuk mengajari anak-anak sekitar rumahnya baca quran, dengan landasan : orang-orang sekitar/tetangga merupakan orang-orang yang akan memberikan pengaruh besar terhadap anak-anaknya. Daripada mereka memberikan pengaruh yang buruk nantinya, ada baiknya diantisipasi dengan dia “mempengaruhi” tetangganya dengan Al Quran. Sehingga… ketika anak-anak bergaul dengan tetangga, pengaruh yang akan mereka dapatkan adalah pengaruh yang baik. *Ibu yang cerdas* :)

Tentunya lagi.. ini baru tahap awal, tahap kedepan tentu akan semakin sulit seiring dengan pertambahan usia anak dan perluasan daerah pergaulannya. Setidaknya, setitik rahasinya sudah saya ketahui sekarang!

Sengaja saya catat di sini, biar nggak lupa or sesekali bisa mengintip kalau lupa :)


5 responses to “Mendidik Anak Hafal Quran [Ternyata] Mudah

  1. insya Allah, mudah jika kita mau beromitmen dan bersabar.. sulit jika kita memandang sulit duluan, tanpa mau memulainya..
    salam kenal..

  2. Benkzoy says:

    Amin. . . .
    Jika kita meinginkan memiliki anak yg penghafal qur’an,mulailah dr kita sndri yg seharus ny jg bs mjd penghfl qur’an.

  3. Saya kok jadi penasaran sama video Xiao Miminya itu ya. Boleh di share?

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

