Rendang Praktis..tis..tis…

Rendang! Alhamdulillah… setelah sekian lama merindukannya… akhirnyaaaaaaaaa….akhirnyaaaaaaaaaa…. Ini merupakan rendang garapan saya yang pertama di Taiwan. Di warung-warung Indo or temen yang masakin pernah siy makan…. Tapi rasakanya gimana gitu. Tidak memuaskan! Bukan berarti g enak yah… hanya out of expectation.

Setelah menemukan asam jawa, daun salam dan serei di Toko Indo Wiwi di Chiayi… bayangkan jauhnya perjalanan mencari bumbu (bolak-balik 5 jam ye…), wkwkwk… Akhirnya, lengkap sudah bumbu untuk membuat rendang. Xixixi… Jangan berpositif thinking dulu, bahwa saya akan meracik bumbu sendiri,ho… tentu tidak! Namanya juga resep praktis, ya saya make yg mudah… bumbu instant yang sudah ad. Tapi… bahan dasar yang alami harus tetap ada, dan itulah rahasia kemaknyusan masakan saya (we.. ngaku2,xixixi). Soalnya pernah punya pengalaman dengan teman lain, ketika kami masak2 bareng. Waktu itu menunya Soto Ayam, dengan jumlah ayam yang sama dengan yang biasa saya masak, mereka hanya menggunakan setengah dari bumbu instant tersebut, tanpa tambahan lain. Jiah… saya…. malah menghabiskan satu bumbu instant yang di tambah dengan bumbu-bumbu lainnya. Well… tapi rasa tidak pernah berbohong, hehehe… Untuk rendang kali ini juga saya punya aneka bumbu ekstranya,silahkan di simak dan bedakan rasanya kalau hanya make bumbu instant saja ^^

Bahan :

  • daging satu yijin (600 gr)
  • air tiga gelas untuk merebus…
  • asam jawa secuil, daun salam 2 lembar,daun jeruk 3 lembar, serei 1 batang, gula merah 2 cm (di rumah saya biasanya make gula saka, well… saya tak tahu bahasa Indonesianya, hehehe), kayu manis
  • bawang merah 3, bawang putih 3, jahe 2 cm, haluskan
  • lengkuas bubuk 1sdm, kunyit bubuk 1 sdm
  • bumbu instant rendang satu bungkus
  • cabe instant satu bungkus (penting ini…), bisa diganti dengan ngulek sendiri,klo mau, kekekeke
  • santan (1/2 butir kelapa), saya memilih untuk menggunakan kelapa parut yg sudah dikeringkan, jadi tidak usah di peras lagi santannya, tinggal di tuang (praktiskan, wkkwkwkwk), hasilnya juga jauh berbeda dibandingkan beli santan instant ex; kara
  • garam secukupnya

Cara Memasak :

  • rebus daging dengan aneka daun2an, asam jawa, kayu manis, gula merah, serei, sampai mendidih
  • tiriskan daging yang sudah di rebus, air nya jangan di buang
  • air sisa rebusan, dicampur dengan kelapa dan semua bumbu, aduk rata sampai mendidih lagi
  • tuangkan daging, aduk sampai empuk dan berwarna kehitaman
  • rendang super nikmat siap di santap!!!

Ini hasilnya belum terlalu hitam,semoga besok sudah bisa hitam seperti layaknya rendang ^^

2 thoughts on “Rendang Praktis..tis..tis…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s