Mengetik U Umlaut (Ü) Dengan Microsoft Pinyin IME

Bagi sebagian rekan-rekan yang sudah terbiasa menggunakan Chinese (simplified) Microsoft Pinyin IME tampaknya sudah paham dan mengerti bagaimana cara mengetik U umlaut pada huruf-huruf pinyin Cina untuk ditranformasikan ke karakter Cina, baik itu yang simplified ataupun yang tradisional.

Nah… buat yang nggak paham atau masih bingung mencarinya… berikut rahasianya! Hehehe.. Ini juga saya dapatkan beberapa menit yang lalu dari si  Lao Shi and biar nggak lupa saya tuliskan disini, sekalian berbagi dengan anda-anda semua ^__^

Biasanya, tiap kali butuh mengetik kata yang terselip huruf umlaut diantaranya, saya hanya menggunakan metode tercepat saja… google translate. Kekeke… tapi lama-lama nggak nyaman juga, dan paling nyebelin saat tidak tersambung dengan internet… what can you do?

Tada… ternyata simple saja! Dengan menganti u umlaut tersebut dengan V.

contoh begini,

jalan-jalan, pinyin nya >> Lǚ xing , nah saya sudah ngetik “Lu” dan mencari-cari karakter yang sesuai… dengan ini 旅 untuk terbentuk menjadi 旅行. Tapi yo ndak nemu-nemu Y_Y

Karena ternyata… u umlaut harusnya di ketik “V” bukan “u”, and setelah mencoba resep mujarab tersebut, bener saja… dengan mengetik “lv xing” karakter yang saya inginkan segera hadir ke layar laptop ^__^

So.. bertanyalah kepada ahlinya 🙂