MARMES Tainan

Martabak Mesir (Marmes) merupakan hidangan favorit keluarga-keluarga di Bukittinggi, tidak terkecuali di keluarga saya! Setiap ada momen istimewa… pastinya dirayakan dengan menyantap Marmes bersama. Bahkan hang-out bersama teman pun, ketika masih muda dulu… tujuan kami adalah marmes, lebih terkenal dengan “Martabak Mesir Kubang”. Konon katanya… Marmes Kubang merupakan pengembangan dari Martabak Mesir atau Martabak Keling yang resepnya disesuaikan dengan lidah orang Minang. Pembedanya terletak pada kuahnya. Dan disebut dengan Marmes Kubang karena… penemu resep ini berasal dari Kubang, sebuah desa kecil yang berjarak 140 km dari kota Payakumbuh.

So… mengapa nama resep ini jadi Marmes Tainan? Karena pembuatnya berdomisili di Tainan, hehehehe…😛 Berikut resepnya :

Bahan Bumbu:

1. Kulit : Tepung Terigu sekitar 300 gr, dua butir telur, minyak sayur (3 sendok makan), minyak sayur untuk merendam (sesuai banyak adonan yg terbentuk)

2. Isi : Telur (satu adonan satu telur), tahu halus dihaluskan bersama bawang putih dan garam, bawang bombay, daun bawang, lebih enak lagi ditambah : daging giling (but we dont have Y_Y)

3. Kuah : bawang goreng (kita nggak make siy, but it will be perfect with this), gula merah, garam 1/4 sdt, asam jawa, timun dipotong kotak2 (kita juga nggak make, krn make bahan yg tersedia di kulkas saja :P), tomat potong kotak, cabe iris kecil2, bawang bombay dan bawang putih, air 500 ml

Cara Membuat :

1. Buat adonan kulit terlebih dahulu, dengan mengocok tepung terigu, telur dan minyak sayur secara perlahan2. Diuleni sampai tidak lengket, di banting2 juga boleh. (so.. kalau lagi emosi.. buat Marmes saja sebagai penyalurannya :P). Di bagi beberapa adonan, dgn takaran seperti di atas, bisa dibuat jadi 4 adonan. Oh iya… biar setelah digoreng hasilnya lebih empuk, sangat mengolah kulit, ditambah 2 sendok makan telur. Rendam adonan ke dalam minyak goreng, diamkan selama 1 jam (kami donk… nggak pake di diamkan, langsung diolah! hehehe)

2. Isi : kocok satu telur, dan campurkan semua bahan isi, sesuai selera

3. Giling adonan kulit sampai pipih (itu resep normalnya), kalau resep praktisnya…. nyalakan kompor, beri sedikit minyak dan seluruh permukaan wajan dibaluri minyak (seperti mau bikin telur dadar), adonan kulit dipipihkan di atas wajan😛. Setelah pipih, tuang adonan isi dan dilipat sesuai selera, kalau saya milih seperti kotak.  Setelah bagian bawah agak kering, adonan di balik dan digoreng sampai matang di semua sisi.

4. Kuah : panaskan wajan tuangkan air, campur dengan bahan lainnya. Aduk rata sampai mendidih. Sudah jadi. (untuk hasil yg lebih maksimal, bawang putih sebaiknya di giling)

5. Eng-ing-eng.. silahkan dinikmati ^__^

 

4 thoughts on “MARMES Tainan

  1. dengan ini
    Wahidah Mahanani Rahayu menyatakan sumpah di dalam hati kepada diri sendiri
    SUATU KETIKA AKAN MENCOBANYA!
    pake cara yang paling praktis sepraktis2nya
    wakkakakak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s