Prioritas (?)

What is your priority?

Bagi saya pribadi, menurut saya saya orang yang cukup bisa membuat perencanaan hidup. Terlepas dari sukses atau tidaknya perencanaan tersebut. Setidaknya kalau untuk menuliskan ide-ide dan harapan-harapan hidup ke depan… saya biasalah. Sama halnya dengan orang lain… mereka bisa. Hehehe…

Namun ketika diminta untuk menentukan prioritasnya, terkadang saya gagap dan bingung. Semua yang saya tulis… semua yang saya rencanakan… semua yang saya harapkan… semua penting bagi saya. Hehehe… Akan tetapi… mau tidak mau saya harus menentukan prioritas…. Dan terkadang hal ini yang susah membuat semua desakan internal dan eksternal bisa sejalan…. bisa harmonis… tanpa saya harus mengorbankan orang lain pun diri saya.

Memasuki tahun 2011, target dan fokus utama saya hanya satu… THESIS. Saya ingin segera lulus… saya ingin segera pulang… saya ingin berkumpul dengan keluarga saya [bahkan saya sempat kepikiran saya tidak akan ngapa-ngapain selama setahun, mau dirumah saja, membayar waktu saya selama 7 tahun ini saya habiskan di luar rumah (tapi yakin.. paling baru sebulan saya dah bosan :P)], saya ingin segera menikah­čśŤ Semua hal-hal yang menarik di Taiwan sudah bukan jadi prioritas saya, tapi ya itu… saya bukan orang yang capable dalam mengurusi prioritas.

Alhasil… saya malah semakin “sibuk” dari waktu-waktu sebelumnya. Jum’at-Sabtu-Minggu benar-benar hari yang cukup gila bagi saya. Saya harus siap menjadi nomaden-er dan ekstra ngosh-ngoshan. Pertanda buruk bagi thesis saya? Enggak juga… karena Selasa-Kamis adalah waktu yang hanya saya dedikasikan untuk thesis saya. Jadi saya masih yakin saya masih bisa untuk lulus tepat waktu. Dan hari Senin adalah hari libur saya… ME TIME… dan biasanya pada hari ini saya tidak mau diganggu oleh apapun dan siapapun…. Hehehe…

Then what’s the problem? Masalahnya adalah masalah prioritas tadi… bahkan terkadang saya tidak bisa memprioritaskan…. aktivitas saya duluan… atau keluarga duluan, hehehe… Berhubung keluarga saya orangnya asyik semua dan tidak punya tuntutan tinggi untuk saya mesti begini dan begitu… terkadang saya jadi bablas… Menghubungi mereka sesuka hati saya saja… dan tetap asyik dengan kegiatan saya. Terkadang saya lupa untuk mencek jadwal dan menyesuaikannya dengan mereka.

Adalah normal bagi kebanyakan orang… sabtu adalah hari libur untuk sejenak rehat setelah sekian banyak aktivitas. Namun tidak bagi saya…. Di malam minggu yang katanya panjang, salah seorang adik saya memanggil-manggil dari sebrang sana melalui YM. Saya tidak ngeh… karena saya memang tidak Ol­čśŤ

3 misscalled muncul dilayar hp saya juga nggak ngeh, mau menghubungi balik ‘unknown’, dan pengalaman saya… panggilan ‘unknown’ ini biasanya dari Indonesia. Nggak tau kenapa, nomor Indonesia sering tidak terdekteksi di hp saya. Untungnya hp saya masih ok dipake buat facebook-an, hehehe.

Agenda rutin saya via facebook adalah mencek kegiatan adik-adik saya, hehehe. Dan secara tidak sengaja menemukan hari minggu kemarin adalah hari ‘besar’ bagi adik saya. No wonder she tried to contact me on Saturday, but I am not available Y-Y

Hua.. sedih banget. Di satu sisi telpon sudah berdering-dering meminta kehadiran saya di suatu acara, di sisi lain… saya harus menghubungi adik saya, di sisi lainnya ni badan masih serasa remuk setelah eco-biking sebelumnya sejauh 28 km. Semua hal serasa bertumpuk-tumpuk dan saya limbung, what should I do first?

Akhirnya… saya bisa juga membuat prioritas, hehehe. Tentunya setelah meluapkan semua perasaan saya terlebih dahulu… saya pencet nomor adik saya dan mulai meng-dialed nomornya via skype. FAILED! Tidak terhubung sama sekali… NO……! Setelah menghubungi ibu saya.. ternyata si Upiak Boco itu ganti nomer! Bah… dan untunglah… saya belum terlambat. Saya masih punya waktu beberapa menit untuk mendampingi adik saya dan sharing beberapa pengalaman. Dan yang utama tentunya memberikan dukungan moral for herto do her best! ^__^ Telpon yang masih saja berdering, sms yang terus masuk, dan orang-orang yang mungkin marah dengan keterlambatan saya…. saya tidak pedulikan. Karena saat itu prioritasnya adalah adik saya! ^__^

And now… I am trying to re-arrange┬ámy priority… semoga bisa! Bismillah

Leave a Reply

