Gamang…

Hidup begitu indah… ketika kita dihadapi dengan berbagai permasalahan…. Ketika kita ditantang, untuk tidak selalu berada di posisi nyaman. Um… ya….

***

“Rina… apakah kamu mau jadi orang Taiwan?” Hey… pertanyaan itu mengalir dari mulut seorang sahabat saya, yang memang orang Taiwan. Cepat saya menjawab…”Enggak.” Hehehe… Ya… bagaimanapun… saya tetap cinta dengan INDONESIA, sebagai label kewarganegaraan saya.

“Kenapa kamu bertanya seperti itu?”

“Karena saya ingin kamu selamanya di sini…” Beuh… enak di lo nggak enak di gw, xixixi😛 Terharu juga dengan jawaban si sahabat… tapi… saya kan juga punya keluarga di Indonesia.

***

“Ayo berbisnis, semuanya, saya yang modalin. Kamu tinggal ngejalanin.” Kali ini dari sahabat yang lain, yang juga menanyakan… maukah saya memperpanjang masa tinggal saya di Taiwan.

Waktu itu saya menolak, karena menurut saya, beasiswa di Taiwan nggak gede (dow cewek matre… enggak lah… cewek realistis!😛 ). Belum lagi masa studi yang luaaaaaammmaaaaaa buat Ph.D. Minimal 5 tahun! Beasiswa maksimal 4 tahun…. ya… nombok donk??  Lalu ya, dia menawarkan berbisnis, sehingga saya punya pemasukan yang lain. Tugas saya pun nanti cuma sebagai pengelola saja.

***

“Just come back here for Ph.D”, nah itu jawaban dari profesor saya, ketika beliau tanya, apa agenda saya setelah defense. Kebetulan, saya punya beberapa bulan sisa waktu untuk menetap di sini. Dan dengan lugunya saya menjawab, “Saya mau ambil kelas bahasa Cina intensif.”

Beliau tertawa terbahak-bahak waktu itu. Entahlah… apa jawaban saya segitu lucunya? Um… *mikir sambil garuk2 dagu*

***

“Iya pulang aja, bagus itu.” Kalau ini jawaban dari paman saya… ketika saya mengkonsultasikan hal ini. Pun ayah saya… mukanya berbinar bahagia, ketika saya memutuskan untuk pulang.

Saya pribadi ya… pengennya pulang juga. Dan awalnya sudah mantab, tapi entah mengapa…. saya akhir-akhir ini ragu…

Saya mulai mencari beberapa kampus yang oke buat lanjut S3. Saya mulai searching-searching tempat2 penelitian yang lagi buka kesempatan buat gabung research… Saya… ah, mengapa antara yang saya lakukan dengan yang saya inginkan jadi tidak sinkron begini?

Harusnya… ketika saya benar2 ingin memutuskan untuk pulang… yang harus segera saya lakukan adalah mengurus surat-surat, esp surat2 yang saya butuhkan untuk mencari kerja nanti. Dan mulai apply sana-sini.

Dan tentunya secepatnya memutuskan tanggal untuk defense! Tapi… saya malah mengulur-ngulurnya…. Saya pun membuat program-program yang nantinya tentu saja tidak dengan mudah saya tinggalkan begitu saja.

Awal mula saya membuat program tersebut…. yang ada di otak saya, “just do it“. Dan saya berharap nanti ada yang melanjutkannya. Tapi responnya yang begitu positif dari segala sisi…. membuat saya jadi terpacu untuk mensukseskannya…. mensukseskannya ditangan saya!

***

So..? So..? So..? So..?

Hm…. yang bisa saya lakukan saat ini hanyalah….

berdoa sebanyak-banyaknya… meningkatkan ibadah… agar diberikan yang terbaik… AAMIIN… mohon doanya rekan2 semua ^-^

*CURHAT*😛

pic source: Guy Burdin

2 thoughts on “Gamang…

Leave a Reply

