Raport Merah Pertama

Image

Sudah lama ingin menuliskan, namun sekarang baru punya kesempatan. Tentang warna baru dunia saya, di dunia yang dibilang orang kerja. Ya… akhirnya bekerja jadi pilihan saya saat ini🙂

Hari pertama masuk saya cukup antusias, karena saya tidak punya gambaran sama sekali tentang bagaimana dunia kerja itu. Maklum… fresh graduate😛 Walau dulu sempat kerja juga… tapi levelnya bedalah. Kalau dulu bisa dibilang kerja “ecek-ecek”, nah kalau sekarang… kerja beneran🙂

Minggu pertama, saya masih menjadi kacung. Hehehe. Karena atasan masih di luar negeri, jadilah saya kerja by request saja, dalam artian… menolong bagi rekan kerja yang membutuhkan. Mulai dari merapikan dokumen hingga mengambil pesanan makan malam kalau kami lagi lembur😛 Hehehe… tapi saya melakukannya dengan senang hati kok…🙂 Minggu pertama ini juga saya di briefing tentang gambaran tugas saya mendatang. Mulailah.. di antara waktu senggang yang ada saya baca-baca dokumen yang super banyak jumlahnya. Namun walau begitu… saya masih merasa “nggak ngapa-ngapa” di bandingkan rekan kerja lain yang super sibuk sekali tampaknya.

Minggu kedua pun datang, dan yeah… minggu kedua ini full dengan meeting! Saya yang benar-benar awam dan baru harus bisa berbuat dan mengambil keputusan dengan cepat. Mulailah nilai-nilai merah saya kumpulkan. Mulai dari komplain para delegasi, fotografer yang kabur di jam yang seharusnya bertugas… hingga terjebak di dalam bus sebagai satu-satunya staf yang harus mengurusi para delegasi tanpa ada briefing sebelumnya. Mantap… penuh kesan… dan berakhir bahagia ketika di hari akhir para delegasi menyampaikan ucapan terima kasihnya. Means… services saya tidak begitu mengecewakan😛

Minggu ketiga… semua berubah drastis. I am no longer the observer.

“You should begin the game now”, ujar Senior Officer saya. Jujur… saya semakin deg-deg-an. I never been like this before. Sederetan penugasan di sampaikan oleh atasan, dan saya tidak punya alasan untuk berkata tidak. Beruntungnya… semua orang di divisi saya WANITA semua🙂 Mulai dari atasan sampai levelpaling bawah orang-orangnya baik dan support each other. Sejauh ini saya merasa terbantu dan selalu mendapatkan dukungan moril maupun materil.

Terjun ke bidang saya yang sebenarnya… kesalahan pertama saya lakukan pada tugas pertama. Saya di minta untuk menghubungi beberapa partner via email. Kelasahannya antara fatal dan tidak fatal😛 CUMA saya lupa menambahkan ‘lampiran’ di badan email yang saya kirimkan, padahal jelas-jelas di bagian akhir saya nyatakan “please refer to the attcahed file”. Baaaaaaaah segitu groginya😛

Kesalahan berikutnya membuat seisi devisi tertawa terpingkal-pingkal. Saya di minta untuk memperkenalkan diri ke salah seorang parner kerja kami, berhubung di kantor menggunakan bahasa Inggris yang sangat sopan sekali, berkonsultasilah saya ke salah seorang senior.

“Mbak… ini pakai Miss atau Madam”

“Pakai MA saja”, jawab Mbak bersangkutan. Dengan polos dan lugunya saya menuliskan di awal surat

“Dear MA,”

Saya merasa janggal sebenarnya, namun mungkin memang begitu aturannya. Tanpa tanya lagi ke rekan kerja yang lebih senior, segera saja saya kirimkan emailperkenalan diri tersebut.

Hingga beberapa saat kemudian, atasan saya membalas, “MA itu siapa ya Yuher?”. Dari ruang kerjanya terdengar suara tawa terbahak-bahak. Tampaknya beliau tengah tertawa dengan SO kami, dan saya yakin itu menertawakan saya, karena beberapa menit kemudian rentetan tawameledak di sebelah saya.

“Yuher kamu lucu (bc. lugu) banget sih…”

“Kenapa Mbak?”

“Itu kenapa kamu tulis ‘Dear MA’?”

“Tadikan aku tanya mbak?”

“Jiah.. tadi kamu nanyakan… pakai miss atau madam, ya aku jawab MA… MA itu maksudnya MADAM…” si mbak kembali tertawa… dan saya cuma bisa nyengir aja. Beeeeuuuuuuhhhhh…

“Santai… saya dulu waktu pertama masuk kesalahannya lebih fatal.” lanjut si Mbak dan masih belum bisa menghentikan tawanya.

===

MORAL cerita : grogi sih grogi… akal sehat jangan sampai ketinggalan😛

Leave a Reply

